Homogeneity Group Bias (ingroup & outgroup)

Homogenity group bias sama halnya dengan menyamakan, memberikan atribut yang sama pada kelompok yang didasarkan pada perilaku, sifat dan sikap pada anggota kelompok tersebut. kondisi ini akan sangat terlihat saat kita dihadapkan dengan apa itu ingroup dan apa itu outgroup. berbicara akan hal tersebut bukalah hal yang asing pemaknaan mereka adalah kelompok saya (ingroup) dan mereka adalah di luar kelompok saya (outgroup). kondisi ini akan memberikan sebuah persaingan yang secara sadar maupun tidak hal tersebut akan meruncing pada sebuah konflik jika kita tidak bisa memaknai “kompetisi” atas atributyang melekat pada diri kelompok masing-masing.

Sama halnya dengan kompetisi-kompetisi yang lainnya yang bersifat kelompok, baik dalam event olahraga, akademik, maupun event yang lainnya maka harga diri kelompok merupakan pertaruhan yang tidak bisa ditawar keberadaannya. tidak bisa ditawar keberadaannya dijelaskan dengan cara yang cukup ekstrem secara kaidah berbahasa. kondisi ini menjadikan anggota kelompok yaitu individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut akan menjadikan semua nilai yang ada pada dirinya bersifat positif dan lebih baik daripada nilai yang ada pada kelompok di luar dirinya. values yang ada pada kelompoknya menyatakan akan eksistensi nilai-nilai yang mencerminkan dirinya. ibarat kata adalah saat ada noda dalam pakaian maka secara keseluruhan pakaian tersebut sudah tidak enak untuk dilihat.

Keadaan ini sangat erat kaitannya dengan keadaan heterogenitas budaya, suku bangsa yang ada pada negara Indonesia tercinta ini. atribut suku maupun budaya bisa menjadi kebanggaan bangsa akan tetapi bisa menjadi senjata mematikan dalam kehidupan berbangsa ini. saat kita masuk dalam sebuah kondisi etnosentrisme dan melihat secara ekstrem bahwa nilai kita yang terbaik dan mereka lebih rendah derajatnya dengan kita maka seperti halnya penyakit dalam yang akan menggerogoti fungsi tubuh ini dan mekanisme-mekanisme yang seharusnya berjalan dengan selaras.

Berhati-hatilah dengan cara pandang kita terhadap kelompok yang berbeda hanya karena sikap, sifat dan perilaku anggota kelompok yang memunculkan pandangan yang bias pada kelompok. konflik hanya salah satu implikasi saat kita masuk dalam kondisi Homogenity Group Bias. kekayaan yang bersifat heterogenitas selalu memunculkan sebuah polemik dalam dinamikanya. apakah kita menyadari maupun tidak, saat kita menampilkan diri dengan melabelkan kelompok secara ekstrem maka berhait-hatilah dengan pandangan yang bias pada suatu kelompok saat kita hanya melihat bagian minoritas beraksi.

bersambung…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s