Makin banyak pilihannya, makin bingung milihnya

Makin banyak pilihannya, makin bingung milihnya

( ) benar sekali, ( ) benar-benar salah, ( ) salah satunya benar, ( ) ragu-ragu, ( ) gak salah gak benar, ( ) gak salah-salah benar, ( ) gak benar-benar salah, ( ) salah tapi gak yakin

( ) benar tapi gak yakin, ( ) setuju sama yang diatas, ( ) setuju sama yang dibawah, ( ) benar tapi terpaksa, ( ) dipaksa untuk salah, ( ) saya ikut jawaban atasan saja, ( ) saya titip jawaban ke bawahan saja, ( ) menurut lo.

Pilih di www.pilihangue.com A Mild [Bukan Basa Basi]

Bentuk bahasa iklan di atas adalah bentuk iklan papan reklame A Mild. Berdasarkan bahasa dan bentuk iklan yang ada, maka salah satu iklan A Mild ini masuk dalam kategori komunikasi sebagai interaksi (interaction). Bentuk dan fungsi komunikasi bersifat interaction ini berupa informasi dari dua pihak yang aktif, yaitu pihak A Mild menyajikan sebuah iklan tersebut dengan ajakan adanya interaksi dengan individu yang membaca melalui ajakan untuk memilih di http://www.pilihangue.com. Interaksi yang terjadi antara pihak A Mild dengan individu yang membaca terjadi pada saat individu mulai memberikan pilihannya melalui www.pilihangue.com dan memberikan sebuah hasil berupa prosentase sesuai dengan banyaknya jumlah pemilih. Hasil prosentase ini kembali akan menjadi sebuah pesan terbaru bagi individu sebagai hasil interaksi.

Bahasa iklan A Mild dikenal dengan bahasa iklan yang unik. Hal tersebut terkait dengan bahasa iklan yang tidak mengarah pada iklan produk rokok secara langsung. Bahasa iklan A Mild banyak mengarah pada sebuah situasi sosial yang ada. Pada bahasa iklan di atas bisa memunculkan banyak perspektif. Makin banyak pilihan bisa dikaitkan dengan kondisi pemilu yang akan berlangsung. Adanya internalisasi bahasa maupun bentuk iklan yang tidak menggambarkan produk rokok secara langsung dalam hal ini ada sebuah proses disonansi kognitif bagi individu yang melihatnya. Disonansi disini dilakukan oleh pihak A Mild, bentuk dan bahasa iklan yang lebih memunculkan sebuah kontroversi dari kondisi sosial masyarakat yang dikemas secara berbeda. Disonansi mendorong upaya untuk mencapai konsonansi dan usaha untuk mengurangi disonansi. Pemberian upaya konsonansi oleh pihak A Mild dengan memberikan sebuah internalisasi melalui bahasa maupun tampilan yang cukup unik dalam realitanya akan memberikan sebuah respon positif maupun negative bagi orang yang menerima informasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s